Cara Membuat Kue Kembang Goyang

Diposting pada

Kue kembang goyang merupakan salah satu cemilan tradisional Indonesia yang cukup digemari masyarakat. Kembang dalam bahasa jawa artinya bunga. Nah, dari bentuknya inilah mengapa kue kering ini diberi nama depan kembang. Bentuk kue ini memang sangat cantik berbentuk bunga. Proses pembuatannya yang harus digoyang agar adonan kue dapat lepas dari cetakan menjadi pelengkap di belakang kata bunga sehingga terbentuklah nama yang unik penuh makna yaitu, kue kembang goyang. Bagaimana cara membuat kue kembang goyang?

Bagi para bunda, wanita muda dan semua yang hobi memasak dan membuat makanan, rasanya menambah koleksi dan pengalaman membuat kue adalah sebuah panggilan jiwa. Apabila sudah bisa menguasai sebuah resep, pasti bawaannya ingin menambah lagi mencoba resep baru. Apabila saat ini Anda sedang bersemangat ingin mencoba resep kue kering baru, tak ada salahnya apabila Anda mencoba resep kue kembang goyang. Cukup mudah kok proses pembuatannya. Bahan-bahannya juga begitu mudah untuk didapatkan.

Kue kembang goyang dapat menjadi pilihan lezat dan praktis di setiap kesempatan. Pada moment hari besar seperti Idul Fitri, Natal ataupun Imlek, kue kering kembang goyang dapat dijadikan camilan yang tepat. Bukan hanya pada saat-saat acara penting saja, untuk camilan harian dirumah pun, kue kembang goyang sangat cocok. Anggota keluarga pasti menyukainya, mulai dari ortu, suami, putra-putri bahkan para tetangga yang kebetulan mampir pun pasti akan tergoda untuk terus makan kue kembang goyang yang Anda suguhkan.

cara membuat kue kembang goyang

Dilihat dari bahan-bahan yang dipakai untuk membuat kue kembang goyang, sepertinya kue ini kaya akan nutrisi yang menyehatkan tubuh. Sama halnya dengan kue nastar keju yang enak, kue kembang goyang masuk kedalam kategori kue kering yang merupakan jenis kue yang begitu istimewa karena selalu menjadi sajian di segala acara dan kesempatan. Dapat disimpan dalam toples dan bisa dinikmati di lain waktu, jadi bisa menghemat pengeluaran juga. Yuk, langsung simak saja resep kue kembang goyang berikut ini!

Cara Membuat Kue Kembang Goyang

Bahan-bahan :

  • 65 gram gula pasir halus
  • 200 gram tepung beras
  • 2 butir telur
  • 250 ml santan (dari parutan 1/2 butir kelapa)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 sendok makan wijen
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat :

  1. Campur tepung gula pasir, beras, garam dan wijen. Aduk hingga rata.
  2. Masukkan telur dan tuangkan santan sedikit-sedikit sambil terus diaduk sampai seluruh adonan tercampur rata.
  3. Panaskan minyak lalu masukkan cetakan kue kembang goyang kedalamnya dengan tujuan agar cetakannya panas
  4. Celupkan cetakan kue ke dalam adonan lalu masukkan ke dalam minyak yang sudah panas sambil goyang-goyangkan cetakan hingga adonan kue terlepas dari cetakan
  5. Goreng kue hingga matang, kering dan berwarna kuning kecoklatan. Ulangi terus sampai adonan habis
  6. Angkat, tiriskan, dinginkan
  7. Siap untuk disajikan. Bisa juga disimpan dalam toples tutup rapat untuk disantap di lain waktu

Itulah bagaimana cara membuat kue kembang goyang yang renyah dan enak. Pastikan Anda ikuti petunjuk resep diatas dengan hati-hati dan teliti agar tidak salah dan hasilnya bisa bagus. Daripada bengong, lebih baik Anda isi waktu luang Anda untuk mencoba berbagai macam resep baru untuk menambah jam terbang Anda di dunia memasak kuliner. Happy cooking!