Resep Ayam Goreng Bumbu Rujak

Diposting pada

Ayam goreng bumbu rujak dapat menjadi jawaban atas kegalauan anda dikala ingin makan enak dengan resep sederhana yang bisa dibuat sendiri dirumah. Memang, kalau sedang bosan dengan menu yang sama, secara otomatis semangat makan jadi berkurang drastis. Makan sih ya makan, tapi terasa kurang greget gitu karena lauknya kurang nendang. Nah, kalau kebetulan sedang ingin menu masakan ayam, buruan deh dicoba ya resep ayam goreng bumbu rujak, pasti anda tidak akan kecewa karena cita rasanya enak banget.

Walaupun anda bisa mampir ke resto, warung makan dan tempat makan lainnya yang kebetulan menjual ayam goreng bumbu rujak, tetapi makan hasil buatan sendiri tentu ada sensasi kepuasan tersendiri. Disamping itu, anda juga bisa menjamin kebersihan, kualitas dan kelayakan konsumsi dari pemilihan bahan dan bumbu yang anda lakukan sendiri. Coba kalau beli jadi, apa anda tahu persis seperti apa proses pembuatannya? higienis tidak? dan lain sebagainya. Bukannya tidak percaya sih, cuma membayangkan saja hehe. Siapa tahu kan pas yang memasak orangnya jorok hehe. Nah kalau buat sendiri dengan praktek resep ayam goreng bumbu rujak yang saya berikan kan anda bisa meminimalisir kekhawatiran tersebut.

Nah, untuk anda yang bukan dari padang, atau bukan asli orang padang dan ingin mencicipi kelezatan kuliner berbahan dasar daging ayam khas padang, mungkin anda akan tertarik dengan resep ayam pop padang yang sudah pernah saya berikan. Dilihat saja dulu, kali aja berminat mencobanya juga, ya nggak! Saya rasa, untuk cita rasanya juga tidak kalah enaknya kok dibandingkan dengan ayam goreng bumbu rujak yang saya berikan di postingan ini.

Untuk mempersingkat waktu, dan untuk dapat segera menjawab rasa penasaran anda mengenai seperti apa resep ayam goreng bumbu rujak, langung saja yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Bahan-bahan

  • 1 ekor ayam. Dibersihkan. Dipotong-potong sesuai selera
  • 500 ml santan kental
  • 1 ruas lengkuas. Diiris tipis atau dimemarkan
  • 1 sdm air asam yang kental
  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 6 buah cabe merah. Dibuang bijinya
  • 6 butir kemiri. Disangrai
  • 2 batang sereh. Digeprek
  • 2 lembar daun salam
  • Gula jawa/gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya saja

Cara membuat ayam goreng bumbu rujak

  1. Pertama silahkan goreng dulu daging ayamnya
  2. Haluskan kemiri, cabe merah, bawang putih dan bawang merah kemudian ditumis sampai baunya harum
  3. Masukkan gula jawa atau gula pasir, garam, santan, lengkuas, daun salam dan serah
  4. Masak hingga santan menyusut
  5. Masukkan air asam kemudian diaduk-aduk merata
  6. Masukkan daging ayam goreng. Aduk-aduk sampai merata dan bumbu meresap dan menjadi berminyak
  7. Siap untuk disajikan bersama dengan taburan bawang goreng dan percikan air limau biar makin nikmat

Baca juga : resep ayam suwir bumbu rujak

Bagaimana, ternyata sangat mudah bukan resep ayam goreng bumbu rujaknya? Pasti anda langsung bisa mencobanya sekarang. Jangan lupa share dan bookmark ya!