Olahan Makanan Pedas Sederhana

Posted on

Jika Anda adalah tipe orang yang suka dengan makanan pedas, wah harus hukumnya bagi Anda untuk tahu, mempelajari dan mencoba aneka macam resep olahan makanan pedas sederhana yang pasti nendang banget pedesnya dan super lezat! Rugi banget jika Anda hanya tahu sedikit resep makanan pedas yang enak. Banyak banget lho makanan pedas yang lezat menggugah selera makan. Indonesia ini kaya akan kulinernya, jadi Anda harus lebih sering mengeksplore berbagai jenis resep pedas yang mungkin belum Anda tahu dan coba. Bahan dasar yang digunakan bermacam-macam dan bumbunya juga mudah banget untuk dibeli di pasar terdekat dari rumah Anda. Makanan pedas memang luar biasa ya, bikin makan jadi lahap dan nambah nasi terus. Selain sayur dan lauk makan, ada juga aneka camilan yang pedas super sedap. Dijamin, makanan pedas akan benar-benar memanjakan lidah Anda untuk terus mengunyah makanan yang cocok dengan selera anda yang memang suka pedas.

Bicara tentang aneka pilihan makanan pedas, Anda akan dihadapkan dengan kenyataan bahwa ada begitu banyak resep masakan dan makanan yang secara khusus dibuat dan ditujukan bagi para penyuka pedas. Cabai benar-benar menjadi bahan makanan favorit yang memanjakan. Bagi penyuka olahan makanan pedas sederhana, tentu saja akan selalu ingin makan dengan lauk yang super pedas bikin nagih. Camilan pun begitu, inginnya yang pedas menggetarkan jiwa hehe. Pokoknya serba pedas gitu deh! Bersuka citalah Anda jika memang secara bawaan lahir Anda sudah ditakdirkan suka makanan pedas. Asalkan makannya tidak berlebihan ya, karena bagaimanapun juga makan pedas berlebihan juga kurang baik untuk pencernaan. Makan sewajarnya saja, diukur ditakar biar tidak tepar. Olahan makanan pedas memang banyak banget yang suka. Entah itu anak remaja sampai orang tua, jika dasarnya sudah suka pedas ya maunya sering makan pedas. Tenang, ada kok koleksi resepnya yang bisa langsung Anda pelajari dan coba sendiri. Cabai dengan tingkat kepedasan yang mantap benar-benar menjadi incaran para penyuka pedas.

Olahan Makanan Pedas Sederhana
Olahan Makanan Pedas Sederhana

Sambal yang pedas adalah salah satu incaran para penyuka pedas. Selain sambal, tentu saja bisa juga sayur, lauk dan makanan ringan. Tergantung kebutuhan dan situasi kondisi. Saat lagi makan, biasanya ya yang dicari sambal pedas, sayur pedas dan lauk makan yang serba pedas.  Lauk makan yang berbahan dasar daging ayam yang diolah pedas memang menggugah selera seperti ayam suwir pedas yang beberapa waktu lalu sudah saya share resepnya. Mantep banget deh, dijamin tidak menyesal jika Anda mencobanya. Saat ingin ngemil ya yang dicari cemilan yang bercita rasa pedas. Apa-apa serba pedas. Begitulah, mau gimana lagi, namanya juga suka, susah buat dihilangkan. Tingkat kepedasan makanan bisa diatur dengan penggunaan cabai. Makin banyak cabainya, otomatis makin pedas dan bikin nagih! Nah, hari ini saya mau sharing lho berbagai macam resep masakan dan makanan pedas yang barangkali ada beberapa diantaranya cocok dengan selera Anda. Dijamin, Anda pasti akan sangat kegirangan dengan banyaknya pilihan resep pedas yang pasti akan sangat memanjakan lidah Anda. Yuk, langsung saja cek koleksi resep lengkapnya berikut ini!

Baca Juga:  Resep Laksa Betawi

Olahan Makanan Pedas Sederhana

1. Resep Mangut Tongkol Pedas Gurih

Mangut Tongkol Pedas Gurih
Resep Mangut Tongkol Pedas Gurih

Bahan

  • 500 gram ikan tongkol asap, potong-potong
  • 2 buah cabai hijau besar, iris serong
  • 2 buah cabai merah besar, iris serong
  • 1 buah tomat, belah empat
  • 800 ml santan kelapa, dari 1 buah kelapa
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 2 batang serai, memarkan
  • 3 cm jahe, memarkan
  • Minyak goreng, secukupnya untuk menumis

Bumbu Halus

  • 4 siung bawang putih
  • 7 siung bawang merah
  • 20 buah cabai rawit
  • 5 buah cabai keriting
  • 1/3 sdt terasi bakar
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 2 ruas kencur
  • 3 cm kunyit
  • Kaldu penyedap bubuk, secukupnya
  • Garam, secukupnya
  • Gula, secukupnya

Cara membuat mangut tongkol pedas gurih

  1. Tumis cabai hijau dan cabai merah besar sampai jadi layu
  2. Tambahkan jahe, lengkuas, batang serai dan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam tumisan cabai
  3. Tambahkan santan kelapa kemudian aduk-aduk sampai rata dan masak sampai mendidih
  4. Masukkan ikan tongkol lalu aduk-aduk sampai rata dan masak sampai mendidih
  5. Masukkan tomat dan daun jeruk. Masak sampai matang dan bumbu meresap sempurna ke dalam ikan tongkol
  6. Koreksi rasa sudah pas belum
  7. Masak sampai kuah santannya berkurang banyak
  8. Angkat
  9. Mangut tongkol pedas gurih sudah siap dihidangkan
Baca Juga:  Menu Makan Malam Sederhana

2. Resep Udang Saus Pedas

Udang Saus Pedas
Resep Udang Saus Pedas

Bahan:

  • 250 gram udah ukuran sedang, cuci bersih dengan jeruk nipis agar tidak amis
  • 3 siung bawang merah haluskan
  • 5 siung bawang putih haluskan
  • 2 lembar daun jeruk
  • 125 ml saus sambal botolan
  • 1/2 bagian bawang bombay, iris memanjang
  • Merica secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara membuat udang saus pedas

  1. Tumis bumbu halus dan bawang bombay sampai tercium bau harum
  2. Tambahkan saus sambal botol, daun jeruk, merica dan garam
  3. Tambahkan sedikit air jika masih terlalu kental. Aduk-aduk sampai semua tercampur merata
  4. Masukkan udang kemudian aduk-aduk sampai udang matang dan berubah warna
  5. Angkat
  6. Udang saus pedas sudah siap untuk disajikan

3. Resep Ayam Bumbu Pedas

Ayam Bumbu Pedas
Resep Ayam Bumbu Pedas

Bahan:

  • 1 ekor ayam ukuran sedang, potong menjadi 8 bagian
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sdm gula jawa
  • 100 ml air

Bumbu halus:

  • 5 buah cabai merah keriting
  • 7 buah cabai merah besar
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 1 sdt garam
  • 1 cm jahe

Cara membuat ayam bumbu pedas:

  1. Tumis bumbu halus sampai harum
  2. Masukkan ayam kemudian diaduk-aduk sampai merata
  3. Tambahkan gula merah dan daun jeruk. Aduk-aduk sampai rata
  4. Masukkan air lalu diaduk-aduk lagi sampai merata
  5. Masak sampai daging ayam matang dan air menyusut
  6. Angkat
  7. Bila Anda suka, bisa Anda panggang sebentar
  8. Ayam bumbu pedas sudah siap dihidangkan bersama dengan lalapan timun dan kemangi.

4. Resep Keripik Singkong Balado

Resep Keripik Singkong Balado
Resep Keripik Singkong Balado

Bahan:

  • 1 kg singkong mentah (bisa beli keripik mentah)
  • minyak goreng secukupnya

Bumbu balado:

  • 10 buah cabai merah besar
  • 2 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 4 sdm gula pasir
  • air secukupnya
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt kaldu bubuk

Cara membuat keripik singkong balado:

  1. Kupas dan iris tipis singkong
  2. Goreng singkong sampai jadi keripik kering dan renyah warna kecokelatan
  3. Angkat kemudian tiriskan
  4. Haluskan bumbu balado, cabai, bawang merah dan bawang putih. Tumis bumbu sampai matang
  5. Apabila sudah tidak langu langsung saja masukkan air dan gula
  6. Masak bumbu bersama air gula sampai mendidih dan bumbu mengental
  7. Masukkan garam dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk-aduk sampai rata
  8. Matikan api kompor
  9. Selagi masih kondisi panas segera masukkan keripik singkong
  10. Aduk-aduk sampai rata dengan bumbu
  11. Biarkan sampai jadi dingin
  12. Keripik singkong balado sudah siap dihidangkan
Baca Juga:  Resep Masakan Sederhana

5. Resep Keripik Pare Pedas

Keripik Pare Pedas
Keripik Pare Pedas

Bahan:

  • 3 buah pare
  • 2 sdm tepung tapioka
  • 150 gram tepung beras
  • 1 sdt bubuk bawang bawang putih
  • 200 cc air matang
  • 1 sdt bubuk cabai
  • 1 sdt garam
  • kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat keripik pare pedas:

  1. Iris tipis-tipis pare kemudian rendam dalam air garam selama 30 menit. Angkat lalu tiriskan
  2. Campurkan tepung tapioka, tepung beras, garam, bubuk cabai, bubuk bawang dan kaldu bubuk
  3. Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan tidak terlalu kental dan tidak terlalu cair juga
  4. Masukkan irisan pare ke dalam adonan tepung tersebut
  5. Goreng pare sampai warnanya kecoklatan dengan api sedang
  6. Agar keripik hasilnya renyah, caranya adalah digoreng 2 kali
  7. Gorengan yang pertama asal matang dulu kemudian angkat dan tiriskan. Lakukan hingga adonan habis.
  8. Goreng lagi keripik yg sudah ditiriskan hingga terasa kering
  9. Keripik pare pedas sudah siap untuk dihidangkan

6. Resep seblak pedas enak

seblak
resep seblak pedas

Bahan-bahan:

  • 10 buah cabe setan
  • 15-20 buah cabe merah
  • Sekitar 2 ruas jari kencur
  • 5 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih

Bahan pelengkap:

  • Kerupuk Aci yang direbus
  • Makaroni direbus
  • Sosis atau telur
  • Bakso sapi yang di goreng dan di rebus blh
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat seblak:

  1. Tumis bumbu halus dengan 3 sdm minyak. Tumis sampai tercium bau harum
  2. Kemudian tuangi air secukupnya
  3. Masukkan makaroni, kerupuk, dan bakso yang sudah direbus tadi
  4. Aduk sampai semua bahan tercampur merata
  5. Tambahkan gula, garam dan kaldu bubuk secukupnya
  6. Masak sampai mengental dan air agak menyusut
  7. Matikan api kompor
  8. Angkat
  9. Seblak sudah siap untuk dihidangkan

Nah, itulah dia beberapa pilihan resep olahan makanan pedas sederhana yang bisa Anda pilih sendiri dan coba di dapur kesayangan Anda di rumah. Sebenarnya masih ada begitu banyak resep pedas lainnya. Tapi itu dulu aja deh, silahkan Anda mau coba yang mana sesuai selera Anda. Anda dan keluarga pasti akan sangat senang jika makan makanan pedas buatan Anda sendiri. Happy cooking!